Header Ads

VIRAL! Ditemukan Ikan Hiu Raksasa di Desa Kuala Selakau, Kalimantan Barat

Informasi Mengenai Hiu Paus (Whale Shark)

Dikutip dari Selingkaran.com – Hiu Paus (Whale Shark) adalah jenis hiu paling besar atau bisa dibilang ikan paling besar didunia yang hingga saat ini masih hidup. Dalam kehidupannya, hiu ini terlihat memiliki totol-totol pada bagian tubuhnya. Dan selalu mengembara di samudra tropis dan lautan yang berikilim hangat. Ikan ini juga dapat hidup hingga usia 70 tahun dan dipercaya spesies ini berasal dari sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Ukuran Hiu Paus

Dalam bahasa jawa, Hiu Paus ini disebut dengan Cucut Geger Lintang. Ukuran rata-rata untuk hiu dewasa diperkirakan berkisar 97 metres (318.24 ft) dan seberat 9 ton. Dan ada yang pernah tertangkap pada 11 November 1947 di Karachi, Pakistan. Memiliki ukuran sekitar 1,265 metres (4,150.26 ft) dan beratnya lebih dari 21,5 ton, sementara lingkar badannya sekitar 7 metres (23.0 ft). Bukan jarang kisah-kisah mengenai geger lintang yang berukuran jauh lebih besar – dengan panjang hingga 18 metres (59 ft) dan berat hingga 45,5 ton – namun sejauh ini tidak ada bukti-buktinya secara ilmiah.

Habitat Hiu Paus

Hiu paus atau geger lintang, dapat ditemui di semua lautan tropis dan igahari yang memiliki suhu hangat. Ikan ini juga selalu bermigrasi ke paparan benua di pesisir australia barat. Meskipun ikan ini diketahui sering menjelajah samudera, namun secara musiman ada kelompok-kelompook ikan hiu paus ini sedang mencari makan di sekitar pesisir benua, seperti di  Australia barat itu; di Afrika Selatan (pantai selatan dan timur); Belize; Filipina; India; Indonesia; Honduras; Madagaskar; Meksiko; Mozambik; Tanzania; serta Zanzibar. Dan juga tak jarang ikan ini terlihat mendekati setuaria (muara sungai).

Hiu jenis ini juga diketahui mampu menyelam hingga kedalaman 1.286 metres (4 ft) . Pada 2011 terekam adanya kumpulan geger lintang, terbanyak yang pernah dicatat orang, yakni hingga sekitar 400 ekor, yang berkumpul di sekitar Semenanjung Yucatan di Meksiko untuk memangsa larva sejenis ikan tongkol, Euthynnus alletteratus

Ikan Ini Tidak Berbahaya Bagi Manusia

Walupun ukurannya yang raksasa, hiu paus diketahui tidak membahayakan bagi manusia. Bahkan karena ikan ini sangat jinak, tak jarang para penyelam yang menemui ikan hiu paus ini menungganginya dan hiu paus juga tak terlihat melawan. Namun perilaku tersebut tidak dibenarkan oleh para peneliti hiu dunia.

Ikan ini berenang dengan lamban, dan juga acap dijumpai penyelam di banyak lokasi penyelaman di wilayah tropis, termasuk di Thailand, Maladewa, Filipina, Taiwan, Malaysia, Pulau Christmas, Sri Lanka dan lain-lain.

Pada penemuan di Laut Desa Kuala Selakau

Ikan ini di Temukan Oleh Nelayan bernama Erwin dan Ayahnya pada jam 1 siang tadi (24/2/17) di Tengah Laut & sampai ke darat Desa Kuala Selakau pada jam 3 sore karena Kondisi Ikan mati. Menurut informasi yang diterima, ukuran Ikan Raksasa ini mencapai panjang 4 Meter & berat 1 ton. Wow! Terbayang bagaimana besarnya?

(Informasi dari akun Facebook bernama Esti)

Sontak kejadian membuat warga desa kaget. Beberapa anak-anak di Desa tersebut ikut menaiki badan Ikan Raksasa itu dengan beramai-ramai.

Foto ini berawal dari Akun Facebook bernama Esti dan Penulis bermaksud untuk bertanya kepada yang bersangkutan karna ini adalah kejadian langka.

Penampakan Asli Ikan Hiu Paus (Whale Shark)

Sumber : selingkaran.com


Simak Foto-Foto yang di Ambil dari Akun Facebook Esti :


Sumber : Facebook

Sumber : Facebook

Sumber : Facebook


Sumber : Facebook


Sumber : Facebook












Posting Komentar
Diberdayakan oleh Blogger.